Rabu, 08 Februari 2012

Earn it and keep it!

Selamat malam, sodara-sodara..

Wuidiiihhh..
Lelah bener dah malam ini...
Bukan karena macetnya sih kali ini.
Lebih ke kebosanan yang menumpuk karena penyampai materi yang tidak menarik!!
emh! -_-"
Pokoknya nih ya, pelajaran yang bisa diambil, kalo mau presentasi, saya ingatkan, PLEASE, terlihat berenergi dan bersemangat!! PLEASE!! -_-"

Pulang tadi, gue langsung makan malem di tempat makan deket kontrakan situ.
Lauknya seadanya banget, tapi nikmat lah, tahu telor bumbu kacang, plus nasi putih, ditemani teh manis panas, dan adekku tersayang. Hehehe..

Nah, pas kita makan tadi, biasa dong ya, ada pengamen nih.
Berhubung gue duduk deket pintu, jadilah, si pengamen yang suaranya kurang dari pas-pasan, dan cempreng banget, berasa menonjok2 gendang telinga gue.
Nih, ya.. Gue sebenernya orangnya cukup murah hati (menurut gue sih :p). Jadi, kalo ada yang ngamen, gue suka ngasih receh. Asalkan dia nyanyi, ya! Mau sumbang, yang penting beneran nyanyi. Usaha. Ya, walopun, nilai uang yang gue kasih bener2 tergantung kualitas nyanyian atau musiknya. Dibanding peminta2, gue ga suka. Apalagu peminta2 sekitar kampus gini, adanya pura2 doang. Gue mengedukasi diri gue sendiri, bahwa everything's earned. Harus USAHA!

Okay, actually yang mau gue omongin malem ini memang tentang earning something.
Nah, menyambung cerita gue di atas, nih ya. Jadi sebenernya, si pengamen ini ga hancur2 amat lah, hancur sih krn musikalitasnya rendah (sihiy, lebih2 juri Indonesian Idol gini gue :p), maka gue siapkanlah uang receh ketika dia mulai berkeliling dengan gelas air mineralnya untuk ngumpulin sepeser uang dari orang2 yang makan disitu.
Seriously, kayak yg gue bilang di atas, gue menghargai usaha mereka yang tiap malem keluar-masuk satu per satu rumah makan di sekitar sini sambil ngamen buat cari uang. Mungkin ad yg bilang gue sok polos atau bego. Tapi ya tadi itu, gue menghargai usaha.
Nah, abis gue ngasih recehan, berlalu lah ni pengamen dari depan gue, daaannn, eng ing eng.. terciumlah bau alkohol, tepatnya bau bir (berasa tau banget jenis2 minuman keras -_-") dari si pengamen ini.
Dan, saat itu juga respect gue ke pengamen ini HILANG begitu saja!!
Gue kesel sekesel2nya dengan kejadian tadi.
Pengen rasanya gue ambil lagi receh yang udah gue (adik gue tepatnya, hehehe) kasih barusan.
Man, this is the proof that RESPECT IS EARNED!!
Kadang2 orang suka lupa, kalo rejeki, kemudahan atau apapun yang baik yang terjadi sama kita, adalah kemurahan Tuhan yang diwujudkan melalui orang2 di sekitar kita.
Dan ya, that's our OBLIGATION untuk menjaga kepercayaan dan berterima kasih.
Gue ngebayangin receh yg gue kasih, yang dia kumpulkan susah payah (menurut gue, ya) tiap malem, hanya akan dihabiskan untuk minum2 bir, mabok2an sama temen2nya.

Ya sudahlah, gue toh ngasihnya sambil berharap itu memang bisa jadi berkat, membantu kehidupan dia. Kalo ternyata dia ga pake untuk peruntukannya.. what can I say, ya kan?
TAPI, the thing I can do, gue ga akan ngasih lagi, SPECIFICALLY, ke pengamen yang satu itu.

See, that's why gue bilang, Respect is earned.
Dari awalnya gue mencoba menghargai USAHA nya untuk mencoba menyambung hidup, sampai dia membuat gue merasa jijik.

Let's try to earn respect right, and keep it!

See you soon, sailor moon.. :p

Tidak ada komentar: